KOMSOS KEUSKUPAN WEETEBULA

Menu

Latar Belakang Pendirian Radio

Vox Mundi FM

Pembangunan di bidang komunikasi dan informasi memegang peranan penting dalam era global ini, terutama dalam meningkatkan penyebarluasan informasi kepada masyarakat luas untuk ikut ambil bagian di dalamnya. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi juga mengalami perkembangan yang sangat pesat di tanah air kita. Hal ini nyata  pada  semakin  banyaknya jumlah lembaga penyiaran juga penggunaan sarana teknologi dari sistem   analog ke sistem digital. Terhadap hal ini, pembangunan radio yang diupayakan ini sesungguhnya menjadi suatu upaya ambil bagian dalam meningkatkan penyebarluasan informasi dan komunikasi kepada banyak orang.

Dalam undang-undang penyiaran No. 32 poin d berbunyi: Lembaga

penyiaran merupakan media komunikasi massa yang mempunyai peran penting dalam   kehidupan   sosial,   budaya,   politik,   ekonomi,   dan   memiliki   kebebasan dan tanggungjawab dalam menjalankan fungsinya sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, serta control dan perekat sosial.

 

Berdasarkan hal ini, Komisi Komunikasi sosial (KOMSOS) Keuskupan Weetebula merupakan salah satu wadah pewartaan dan pengabdian  masyarakat yang terintegral dalam misi pastoral Keuskupan Weetabula; yang di dalamnya mengemban tugas pewartaan di tengah berbagai kompleksitas situasi hidup umat dan masyarakat Sumba. Dalam tugas yang mulia inilah KOMSOS berupaya mencari berbagai strategi untuk membantu karya pewartaan ini. Salah satunya adalah membangun relasilasi kerja sama dengan siapa saja  yang  berkehendak baik untuk melayani masyarakat di berbagai lapisan guna melakukan kegiatan pengembangan, pemberdayaan, perubahan – perubahan sosial  dan memperjuangkan nilai – nilai universal demi kebaikan bersama.

KOMSOS sebagai wadah komunikasi sosial dipercayakan Keuskupan Weetebula untuk menangani secara khusus aneka karya pewartaan melalui media komunikasi dan karya – karya sosial kemasyarakatan. Dalam kapasitas  ini,  KOMSOS Keuskupan Weetebula dalam karya pelayanan telah berupaya sedapat mungkin menjadi agen komunikasi dan  informasi  bagi  keluarga  dan  masyarakat di Pulau Sumba.

Sejalan dengan fungsi KOMSOS sebagai agen komunikasi dan informasi, maka pengurus KOMSOS berupaya untuk menghadirkan sebuah radio swasta yang dapat menjadi wadah pewartaan bagi semua orang. Lebih jauh, niat membangun radio ini didasarkan pada situasi dan kondisi yang ada bahwa di satu sisi  wilayah Kabupaten Sumba Barat Daya sebagai kabupaten baru, baik pemerintah daerah maupun swasta hingga saat ini belum memiliki sarana audio yang mengudara dan di sisi lain, kemampuan masyarakat  untuk  memiliki  sarana-  sarana informasi masih tergolong terbatas. Oleh karenanya, sarana yang ada membuat kami membuka jalinan hubungan kerjasama pula dengan para pihak dan dengan PEMDA setempat untuk juga melayani kebutuhan informasi kepada masyarakat Sumba Barat Daya.

Shopping Basket
Translate »